INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

GERMAS DAN SOSIALISASI BAHAYANYA KANKER SERVIKS ATAU KANKER MULUT RAHIM

GERMAS DAN SOSIALISASI BAHAYANYA KANKER SERVIKS ATAU KANKER MULUT RAHIM

SEBORO - Kegiatan Ayo Dukung Gerakan Masyarakat (GERMAS) yaitu dilakukan Senam Bersama yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 September 2019 di Halaman Paud Yudha Harapan Dusun Karanganyar Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen, lalu makan buah-buahan yang sehat dan foto bersama, setelah foto bersama dilanjutkan Pemaparan oleh Ibu Diah tentang bahayanya kanker serviks, Kegiatan Ayo Dukung Gerakan Masyarakat (GERMAS) dihadiri oleh Bidan Desa, Bidan Puskesmas (Narasumber), Kader Desa Seboro, Pemerintah Desa Seboro, TP-PKK dan masyarakat, Selasa (17/09/2019).

Pemaparan tentang bahayanya kanker serviks atau Kanker Mulut Rahim oleh Ibu Diah Aris Tanti, A.Md.Keb yaitu dilaksanakan di Paud Yudha Harapan Dusun Karanganyar Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen yaitu tentang kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan momok yang paling menakutkan bagi kaum wanita, sebab belum ada obatnya dan dapat menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah human papiloma virus (HPV). Faktor resiko kanker rahim yaitu karena Aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, menikah dini, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual (IMS), Ibu/kakak perempuan yang menderita kanker serviks atau kanker mulut rahim (faktor keturunan), gangguan sistem kekebalan tubuh, pemakaian kontrasepsi hormonal, perokok aktif, sering mengkonsumsi obat gatal-gatal dalam jangka panjang, Pembalut wanita, dan HIV AIDS.

Tempat pelayanan IVA (Inspeksi Vagina Asetat) dapat dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pemeriksaan dan yang bisa melakukan pemeriksaan IVA diantaranya oleh Puskesmas, Bidan Terlatih, Dokter Umum Terlatih, Dokter Spesialis Kandungan.

Papsmir daya tahan tubuh, Gejalanya adalah Bau, gatal, keputihan banyak, sakit saat berhubungan intim dan keluar darah, keputihan terang amis, penurunan berat badan, nyeri dibagian bawah, mau pipis sakit bisa jadi keluar darah.
Bagaimana mendiagnosa pemrisaan tapsmir sama pemeriksaan infa. Tapsmir yaitu pemeriksaan dengan dokter atau klinik laboratorium minimal 2 Minggu, Sedangkan IVA yaitu inspeksi vagina asetat (melihat langsung dengan asam asenta) dapat dilakukan di manapun baik di bidan terlatih, pengobatan jika hasil positif maka tindak lanjut pengobatan krio terapi, pengecekan dilakukan maksimal 5 th dan minimal 1 th.

CA serviks tidak diobati dengan obat tapi dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan berpola hidup sehat contoh tidak berganti-ganti pasangan, menjaga daerah kewanitaan dengan benar, makan bergizi dan sehat. Faksi nasi untuk mencegah kanker rahim 3 x sekali suntik sekitar Rp. 1.500.000 tergantung promo, dan tanpa BPJS.

Tambahkan Komentar Ke Twitter