INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, Pelayanan Kantor hari Senin sampai dengan hari Kamis Pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 15.30 dan untuk hari Jum'at pukul 07.30 s/d pukul 11.00 WIB. "HATI-HATI PENIPUAN DENGAN MODUS MINTA DI TRANFER DANA DENGAN MENGAKU KEPALA DESA ATAU PERANGKAT DESA"

PENANGGULANGAN KEMISKINAN EKSTRIM DI KECAMATAN SADANG

PENANGGULANGAN KEMISKINAN EKSTRIM DI KECAMATAN SADANG

SADANG 9 November 2021, Wakil Bupati Kebumen memimpin Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Pendopo Kecamatan Sadang dalam rangka Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim di Kecamatan, kegiatan ini di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Kebumen Ibu Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST, MM dan lengkap dengan narasumber yaitu, Kabag Kesra Kabupaten kebumen, Bappeda Kebumen, Bapenda dan Dinsos Kabupaten Kebumen, peserta dalam kegiatan ini Kepala Desa se-Kecamatan Sadang, Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan tingkat Desa se-Kecamatan Sadang, Pendamping Desa, Pendamping PKH, dan TKSK. Dalam paparan Wakil Bupati Kebumen , bahwa ada 5 Kecamatan yang masuk dalam Miskin Ekstrim dan salah satunya Kecamatan Sadang masuk dalam Peringkat 5 wilayah Miskin Ekstrim di Kabupaten Kebumen. Ibu Wakil Bupati Kebumen menyampaikan banyak hal yang menjadi Kegiatan dalam penanggulangan kemiskinan diantaranya adalah Kegiatan Rapat Koordinasi TPPK di 5 Kecamatan dan Verval yang dilakukan oleh Tim Dinas Sosial Kabupaten Kebumen yang langsung turun ke sasaran dan ketemu langsung Keluarga sasaran Miskin Ekstrim pada hari minggu tangal 7 November 2021 di 5 Desa di Kecamatan Sadang. Kegiatan tindak lanjut penanganan Miskin Ekstrim adalah Pembentukan Usaha Bersama yang akan di beri bantuan sebesar 20.000.000, untuk satu kelompok KUBE, hal ini disampaikan oleh Dinas Sosial Bpk Ambang Sumirat, dan beliau juga menyampaikan hasil dari verval ke sasaran dan di Desa Seboro Keluarga yang masuk dalam data Miskin Ekstrim sejumlah 61 Keluarga. Bappeda Kabupaten Kebumen juga menyampaikan Perencanaan dan teknis penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Kabag Kesra Kabupaten Kebumen juga sangat berharap dan juga menghimbau keterlibatan Kaum Muda untuk menjadi Penggerak Kampanye untuk merubah pola pikir masyarakat dengan berkampanye  " TIDAK MISKIN ITU HEBAT" karena menurut beliau hal tersebut sangat efektif. Camat Sadang Bpk Sampurno, S.Sos, M.M juga menyampaikan langkah-langkah Kecamatan dalam menanggulangi Kemiskinan Ekstrim dangan menggandeng Pendamping PKH dan TKSK serta operator Desa dalam kevalidan datanya , Beliau menyampaikan Potensi desa-desa di Kecamatan Sadang dan kendala-kendala di setiap desanya yang sangat beragam. Dalam Kesempatanya Bpk Suratno dari Bapenda Kebumen menyampaikan keprihatinanya dengan kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Kebumen, beliau menyampaikan kegiatan Intensifikasi Pajak Bumi dan Bangunan yang sedang dilakukan di Kecamatan Sadang karena target PBB di beberapa Desa di Kecamatan Sadang yang belum Lunas. Ada bebrapa masalah yang di temukan menurut Beliau yang memerlukan konsistensi Kepala Desa dalam pelunasan pajak, karena PBB adalah wajib hukumnya bagi setiap warga negara yang mempunyai Objek Pajak.

Dalam Kesempatan Tanya Jawab disampaikan dari Peserta Musawarah yaitu :

1. Harapan Satu Data dengan basis data NIK di Kabupaten Kebumen yang bisa terintegrasi di Desa Online (Sim PPB, SIKS-NG, Siskeudes, Prodeskel dan aplikasi-aplikasi tentang Desa) , karena desa online yang dikembangkan oleh Kominfo sangat mendukung dan membatu Desa dan juga sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang di laksanakan di desa.

2. Pemutakhiran Data yang terjadwal karena selama ini dalam verval data Kemiskinan terkesan dipeped waktu dan seringkali di hari libur, akhirnya pelaksanaanya tidak maksimal

3. Hasil verval desa terkesan tidak ditindak lanjuti karena data penerima bantuan tidak berubah, bahkan yang mengundurkan diri masih menerima bantuan.

4. Permohonan menu tambah, kurang dan sanggah pada aplikasi SIKS-NG Onlin di Desa.

5. Desa Seboro Minta Kepada Bappeda untuk menempatkan Mahasiswa KKN disetiap tahunya untuk menjadi Penggerak pemanfaatan potensi yang ada di desa, karena desa sangat butuh penggerak untuk menggerakan masyarakatnya dalam memanfaatkan potensi, sebab Seboro banyak sekali potensi yang bisa mendukung Kemajuan Desanya.

Dari pertanyaan-pertanyaan dan masukan akan menjadi bahan evaluasi dan tindak lanjut oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) yang segera akan ditindaklanjuti.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2