INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, Pelayanan Kantor hari Senin sampai dengan hari Kamis Pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 dan untuk hari Jum'at pukul 07.30 s/d pukul 11.00 WIB.

SOSIALISASI SEJARAH DAN BUDAYA DI KAWASAN GNKK

SOSIALISASI SEJARAH DAN BUDAYA DI KAWASAN GNKK

SEBORO, Rabu 13 Nopember 2019 Sosialisasi Sejarah dan Budaya di Kawasan GNKK (Geopark Nasional Karngsambung-Karangbolong) dilaksanakan dalam Program Kerja Seksi Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Tahun 2019 bertempat di Aula Ronggo Warsito STIE Putra Bangsa Kecamatan Pejagoan Kebumen. Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang PAUD DIKMAS dan Kebudayaan mewakili Kepala Dinas DISDIK yang berhalangan hadir, dalam sambutanya beliau menyampaikan tentang Pembentukan Tim peneliti Potensi, Sejarah dan Budaya Desa yang di bentuk di Akhir Oktober 2019 dan akan berkunjung kedesa-desa yang masuk diwilayah Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong yaitu 117 Desa di Kabupaten Kebumen. Disampaikan juga diakhir acara akan di bagikan softcopy Format INVENTARISASI SEJARAH DAN BUDAYA DESA KABUPATEN KEBUMEN kepada desa-desa untuk diisi sesuai keadaan desanya masing-masing dan disepakati untuk bisa di dikirim ke email sejarahbudayadea@gmail.com, paling lama tgl 23 November  2019, Dokumen asli setelah di tanda tangani Kepala Desa dan Sesepuh Desa, dimohon dapat diserahkan kepada Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen, paling lambat tgl 1 Desember 2019.

Hadir Dalam acara tersebut 3 Narasumber yaitu :

1.Ir. Chusni Ansori, M.T menyampaikan tentang Geopark Karangsambung-Karangbolong dari pengertian tentang Geopark dan tentang potensi desa yang harus dikembangkan di Kabupaten Kebumen, karena tujuan utama dari Geop[ark Karangsabung- Karangbolong adalah meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

2.Teguh Hindarto Braindilog Sosiologi Indonesia menyampaikan tentang Budaya dan pentingnya penulisan Sejarah Desa, Sejarah Desa tidak harus peristiwa yang penting-penting yang harus di muat dalam penulisan sejarah melainkan juga kebiasaan masyarakat dan potensi desa, hal ini sangat penting untuk menjadi data base Pemerintah Desa juga data base Pelaku Wisata.

3. Arif Priyantoro (Kesultanan Solo) menyampaikan tentang adanya empu-empu Pembuat Pusaka pada jaman dahulu yang ada di Kebumen, dan menyampaikan tentang keris dari sudut pandang Budaya dan Fisik Keris tersebut.

Pada prinsipnya Kebumen akan mengiventarisir Sejarah dan Budaya yang ada di wilayah Kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong untuk di kemas oleh Tim menjadi Sejarah Kebumen untuk menuju Geopark Internasional.

 

GEOPARK KEBUMEN - MENGUAK KEINDAHAN CAGAR ALAM GEOLOGI KARANGSAMBUNG

HISTIRY AND LEGACY OF KEBUMEN

Tambahkan Komentar Ke Twitter