INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

MUSYAWARAH ANTAR DESA REMBUG STUNTING TAHUN 2019

MUSYAWARAH ANTAR DESA REMBUG STUNTING TAHUN 2019

SEBORO- Kegiatan MAD Rembug Stunting yang dilaksanakan di Kantor BPP Distapang Kec. Sadang, Kab. Kebumen pada hari Senin tanggal 30 September 2019 dengan di hadiri oleh Bapak Samsul Hadi, S.Pdi selaku Tim Monitoring FGD Kabupaten Kebumen, Bapak Budiman mewakili Bapak Camat Sadang, Bapak Suyono dan Bapak Ari selaku Pendamping Desa, Bapak H. Achmadi, S.P selaku Ketua TPID Kecamatan Sadang dan tamu lainnya ada dari Pemdes Seboro, Kader Posyandu 8 kelompok, Bidan Desa, KPMD, KPM, TP-PKK, Guru PAUD/TK, dan Korwil Disdik Kecamatan Sadang, Senin (30/09/2019).

Kegiatan MAD Rembug Stunting berjalan dengan lancar dengan susunan acara sebagai berikut Pembukaan dengan bacaan basmalah bersama, Sambutan yang pertama dari Kepala Desa yang diwakilkan oleh Bapak Bilaludin, S.E, Sambutan kedua dari Ketua TPID yaitu Bapak H. Achmadi Saputro, Sambutan yang ketiga dari Camat Sadang yaitu diwakilkan oleh Bapak Budiman, Pengarahan dari Tim Monitoring FGD Kabupaten Kebumen disampaikan oleh Bapak Samsul Hadi, S.Pdi., Diskusi Rembug Stunting dipimpin oleh Bapak Suyono dan dibagi menjadi dua kelompok, Penandatangan Berita Acara, Penutup.

Sambutan dari Kepala Desa Seboro yang diwakilkan oleh Bapak Bilaludin, S.E yaitu menyampaikan tentang ucapan terimakasih atas tamu undangan yang hadir pada acara hari ini dan kami mohon maaf karena undangan mendadak karena adanya Miss komunikasi dan saya selaku Sekretaris Desa mewakili kepala desa yang kebetulan beliau ada acara di Kabupaten Kebumen selama 2 hari, kami mohon acara ini dari PKK, kader kesehatan, kader posyandu dan bidan desa benar-benar mengikuti kegiatan hari ini dan jangan sampai ketinggalan dan kami mohon maaf anggaran Dipemdes memang terbatas karena begitu banyaknya kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan dan kegiatan ini kemarin kemungkinan perencanaan belum matang jadi mungkin belum sepenuhnya kegiatan stunting terpenuhi dan semoga dengan adanya kegiatan ini Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen dapat mencegah adanya Stunting mulai dari sekarang. Demikian Sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. Begitu pula dengan ketua TPID menyampaikan tentang "Kegiatan TPID Kecamatan Sadang Tahap 1 yaitu tentang KPM sudah dilaksanakan
sekarang tahap 2 tentang rembug stunting yang akan dimusyawarahkan. Tugas bapak ibu adalah mencegah supaya tidak mewabah adanya stunting menuju Indonesia sehat, harapan kami di desa seboro tidak ada anak yang stunting, kerdil, dll mari kita laksanakan acara musyawarah ini dilaksanakan dan mari kita cegah stunting" kata Bapak H. Achmadi Saputro.

Pengarahan dari Tim Monitoring FGD yaitu Bapak Samsul Hadi, S.Pdi. menyampaikan tentang isu stunting lagi viral karena faktor utama stunting itu dari ibu2 hamil dan balita kurang gizi. Hasil pendataan stunting dari KPM adalah bagian dari rembug, status ibu hamil, ibu bidan ikut mendorong dan memantau KPM, ada bidan desa, ibu posyandu, tokoh masyarakat bidang kesehatan, di tahun 2020 ada itensif KPM , data seribu HPK, Merencanakan anggaran Stunting dan merinci adanya musyawarah maka ada hasil dari musyawarah contohnya berapa jumlah stunting desa, harapan th 2020 betul2 kita tepis, TPI bagaimana penangan kita untuk mencegah stunting, diskusi nanti kita lihat data HPK ada 81 anak terindikasi stunting.

Diskusi Rembug Stunting dipimpin oleh Bapak Suyono selaku Pendamping Desa beliau menyampaikan tentang
Stunting penanganan ada pos kesehatan, bidan desa, posyandu, KPM, pendidikan,
Lima layanan stunting yaitu
1. Pelayanan KIA
2. Konseling gizi terpadu
3. Perlindungan sosial
4. air bersih dan Sanitasi
5. Pelayanan Paud dan forum analisa masalah

Kegiatan diskusi dibagi menjadi dua yaitu bidang kader kesehatan dan pendidikan, Data paud yang ada di desa seboro jumlah stunting ada berapa, tinggi badan brapa, ukuran fisik, Yang akan dimasukan dipengajuan stunting dengan katogeri.

Hasil dari rembug Stunting yaitu kegiatan ada biaya
ATK, fotocopy, rapat Sosialisasi Stunting, Instensif dan SPPD, transportasi petugas gizi, Pelatihan kader, transportasi kegiatan kunjungan ke rumah Kelas bumil, balita, dalam kegiatan PMT, Alat ukur tinggi badan masuk kegiatan posyandu, Peningkatan kapasitas kader posyandu, Sosialisasi stunting dan kunjungan Pendataan siswa paud (TB, BB, Lingkar Kepala) Pemberian makan tambahan
Pelatihan guru paud INSTENSIF transportasi guru paud
Pemberian vitamin Pelatihan pengelola
Parenting (pemantauan tumbuh kembang anak)

Penandatangan Berita Acara dan acara terakhir yaitu Penutup Dengan bacaan hamdalah bersama-sama.

 

Tambahkan Komentar Ke Twitter